Cara perawatan Genset MAN 1000Kva

Genset Man 1000kva blog:Instalasi 03


     
Apa itu Genset atau bisa dibilang generator adalah sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. Tentu sebuah genset perlu ada perawatan rutin agar mesin genset bekerja secara maksimal. Kalau saya sendri biasa melakukan pemanasan rutin genset setiap sepekan sekali dengan durasi 15 menit biasanya dihari sabtu. Sebenarnya namanya perawatan rutin genset itu bukan hanya melakukan pemanasan pada genset saja tetapi banyak yang kita lakukan seperti : mengecek ACCU, mengecek solar jangan sampai ke kehabisan karena menyebabkan genset macet, membersihkan body genset dan mengecek mesin-mesin yang lain terutama bagian penyaringan pada solar pastikan selalu berfungsi karena kalau tidak berfungsi menyebabkan genset bisa bermasalah/macet. Sebenarnya banyak maintenance yang harus kita lakukan karena mesin genset ini banyak mesin-mesin yang sensitif terutama mesin genset yang sudah modern yang sudah mengunakan mesin elektrik. Mungkin itu saja pengantar dari saya hanya sekedar menerangkan sedikit ilmu yang saya dapat dari tempat pekerjaan saya.

Mari langsung saja kita lakukan cara pemanasan genset MAN 1000Kva dengan langkah pertama:

  1. Gambar dibawah ini adalah posisi Automatic karena lampu auto masih menyala ,Tentu apabila kita ingin melakukan pemanasan pada genset kita tekan tombol manual atau to “0” berwarna merah pastikan lampu pada tombol Auto mati.


         2.      Ini adalah salah satu contoh posisi manual (lampu pada tombol auto sudah mati)



                 3.  Setelah itu pastikan pada saklar pada gambar dibawah ini posisi manual yang ber simbul (M)





                    4.   Lalu kita menuju panel genset ,Gambar dibawah ini adalah panel didalam genset. Cabut                           kunci lalu tancapkan di key on lalu di ON kan.



          5. Setelah itu tekan tombol start hingga RPM yang ada dilayar menunjukan angka 1400 rpm ,kalau 
          belum menvapai angka tersebut jangan dilepas dulu karena butuh menekan lama untuk men Start            genset tersebut.



        6. Setelah kuranglebih 15 menit genset menyala lalu matikan genset dengan menekan tombol STOP,         Pemanasan sudah selesai. Tapi jangan lupa mengembalikan tombol manual menjadi Auto kembali         seperti langkah yang pertama tadi..
    
      Semoga bermanfaat..



1 Comments

  1. Akhirnya ketemu info yg saya cari, dengan penyampaian dan penjelasan yg mudah di fahami. untuk info kelistrikan lainnya dapat kunjungi "Voltechno.net"

    Thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post