Kali ini kami akan memosting instalasi saklar tukar ganda dengan 3 lampu. sebelumnya kami memosting Instalasi saklar tukar tunggal dengan 2 lampu. sebenarnya prinsip kerja sama namun cuma beda saklarnya saja, kalau yang sekarang doubel dan yang kemarin tunggal, mari kita simak lebih detailnya.

Saklar tukar adalah sebuah saklar yang mempunyai fungsi menyalakan lampu secara bergantian, dalam artian ketika kita ingin menyalakan sebuah lampu di sebuah lorong ujung A kita nyalakan , lalu kita berjalan menuju ke ujung lorong B disitu kita bisa mematikan lampu ataupun ingin menyalakan lagi, sehingga kita tidak perlu kembali ke lorong ujung A untuk mematikan lampu. Saklar tukar ini juga bisa disebut saklar hotel karena kebanyak hotel mengunakan saklar ini dan tentunya dihotel banyak lorong-lorong yang panjang sehingga di sebut saklar hotel.

Manfaat dari saklar tukar ini tentu sangat banyak seperti kita menghemat tenaga dan lebih efisien waktu untuk mematikan atau menyalakan.

Prinsip kerjannya ketika saklar A dan B posisi ON maka lampu akan menyala , apabila saklar B posisi OFF lampu akan mati walaupun saklar A posisi ON,
Mari kita lihat gambar di bawah ini


Semoga bermanfaat..

9 Comments

  1. makasih info nya sangat bermampaat

    ReplyDelete
  2. Saya masih awam masalah kelistrikan. Kalo buat 3 saklar pake 1 lampu gimana ya om? Rencana pengen buat sensor gerak dirumah, 3 sensor, untuk 1 sirine.? Mohon bantuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf slow respon. saya juga masih belajar gan. coba cek diblog saya yg INSTALASI SAKLAR TUKAR/HOTEL DENGAN 2 LAMPU. itu tingal menambah saklar 1 dan lampunya dikurangi satu.
      trimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  3. gunanya dobel buat apa... kalau seri pun bisa.. jadi kalau mau menghidupkan lampu harus dua²nya di tekan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan itu juga bisa, mungkin yang dimaksud itu mematikan dan menghidupkan dengan beda tempat. saya juga masih belajar tentang listrik. jadi kalau ada yang salah mohon diluruskan... terimakasih atas kunjungan nya gan..

      Delete
  4. Terima kasih infonya, seandainya saya ingin instalasi dengan beda merek atau beda seri saklar bisa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua saklar sudah standar gan, sistem kerjanya sama.

      Delete
  5. Maaf gan saya mau tanya klo pasang saklar htel seri dengan 2jalur lampu terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post